Tito Komentari Kebijakan DLH Kota Serang Terkait Penghentian Kegiatan Car Free Day di Wilayahnya

0
6
Foto : CFD Jakarta

Jakarta, CFDI – Pro kontra terkait penghentian kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau yang biasa dikenal dengan Car Free Day (CFD) di kota Serang oleh Dinas Lingkungan Hidup setempat karena alasan anggaran.

Diberitakan sebelumnya, Tak Ada Anggaran, Car Free Day Kota Serang Banten Dihentikan. Alasan karena tak ada biaya, Pemkot Serang menghentikan car free day yang diadakan setiap hari Minggu di sepanjang Jalan Veteran sampai ke alun-alun kota. Pemberhentian ini bahkan sudah terjadi sejak awal 2019.

Wali Kota Serang Syafrudin mengaku bingung Car Free Day (CFD) setiap akhir pekan dihentikan, apalagi dengan alasan bahwa dinas terkait tak punya anggaran untuk pelaksanaannya.

“Saya heran kenapa pada bulan-bulan ini tidak dilaksanakan, alasannya anggarannya tidak ada,” kata Syafrudin kepada wartawan di Kota Serang, Banten, Selasa (18/6/2019).

Di tempat yang berbeda, Ardian Nikolas yang akrab dipanggil “Tito”, Pemimpin Umum media massa online spesialis pemberitaan kegiatan Car Free Day, merespon terkait penghentian kegiatan CFD di kota Serang tersebut. Tito menegaskan bahwasanya Car Free day adalah sebuah kegiatan yang berfungsi sebagai kontrol kualitas udara di perkotaan dan sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat terkait lingkungan hidup khususnya polusi udara. Oleh karenanya, sangat disayangkan jika masalah anggaran sebagai alasan untuk menghentikan kegiatan tersebut.

Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) itu harus tetap dilaksanakan, karena CFD sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat bahwa CFDI untuk mengontrol kualitas udara di perkotaan,” tulis Tito melalui Whatsapp messenger kepada wartawan CFDI, Kamis (20/6).

Lebih lanjut, Tito menambahkan, sebaiknya pihak terkait baik LH maupun pemerintah daerah setempat saling bersinergi agar kegiatan CFDI di wilayahnya tetap berjalan dengan baik, apalagi hanya persoalan anggaran mamin (makan-minum). 

“Penyelanggaraan Car Free Day juga bisa bekerjasama dengan pihak swasta, BUMD, dan melibatkan  masyarakat,” tutupnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here